Minggu, 11 Mei 2014

Kiki: "Harga sebuah Proses"

Kisah Sukses Bekerja Sebelum Lulus Kuliah
Kiki, di tempat kerja, Call Centre Merpati
Horeee…akhirnya mau diwisuda juga, tepatnya rabu, 14 Mei 2014…bukan Cuma wisuda lho…tapi udah kerja juga, di PT Infomedia hmmm asyiknya! Kalo orang lain setelah wisuda mikir mau kerja dimana, kiki justeru sudah ditempatkan kerja sebelum diwisuda…

Eits…tapi tunggu dulu, sebelum menjelang wisuda, liku-liku perjalanan kuliah cukup panjang, hal yang paling aku takjubkan selama kuliah adalah perjalanan pulang pergi dari rumah ke kampus. Aku rasa jarang ada mahasiswa super kayak aku (narsis dikit hehe..) sama temen aku (karena sering nebeng bareng) yang menempuh jarak yang menurut aku sih jauh banget. Dan aku ngampus pake motor (aku kasih nama dia “si vega”). Emang dari mana ya? Gak jauh jauh amat sih, dari Cicalengka. Lumayan lah aku biasa pergi 2 jam sebelum masuk. Apalagi kalo hari senin atau masuk pagi, beuuhh heboh pokoknya (asa lebay.. haha). Terus temen aku itu gimana? Nah kalo dia lebih jauh lagi, dari Limbangan. Cuma kan enaknya dia tinggal duduk aja dibelakang sedangkan gue si cewe super yang mesti nyetir motor melawan kemacetan, belum lagi kalo ujan, terus banjir, beuuhh mantaplah.

Kisah Sukses Bekerja Sebelum Lulus Kuliah
Kiki bersama teman kantor
Berhubung aku si anak bolang (sebutan anak-anak karena kalo ke kampus aku biasa bawa jaket tebel, sendal, lengkap dengan nasinya. Kayak mau piknik aja, haha), jadi aku gak terlalu banyak ngabisin waktu dikampus. Istilahnya sih “kupu-kupu” yang artinya “Kuliah – Pulang” jadi ya kalo kelas udah beres aku langsung cabut balik. Jaranglah nongkrong kayak anak lain, lumayan juga kan bisa ngirit duit jajan.
Pengennya sih aku ikutan banyak UKM tapi ya itu dia, jadwal kuliah wajib aja udah padat. Pernah waktu tingkat satu cobain ikut UKM tapi gak aku lanjutin karna tiap kumpul jam 7 malem, kebayang aku sampe rumah jam berapa sedangkan besoknya berangkat pagi lagi. Hahaa.. akhirnya aku lebih pilih aktif di Himasi atau Himpunan Mahasiswa Komunikasi, satu-satunya organisasi tingkat program studi yang ada di kampus.
Tapi aku gak pernah absen yang namanya kegiatan wajib dari kampus. Kayak mabit, seminar, atau kegiatan lain yang udah jadi kegiatan rutin di kampus, termasuk Himasi. Karna aku gak mau ninggalin yang wajib (kecuali kepepet sakit, hihi).

Kisah Sukses Bekerja Sebelum Lulus Kuliah
Kiki bersama teman kampus saat masih kuliah
Hal yang paling aku suka sih kalo anak humas udah kumpul semua, suasana jadi recet kayak anak bebek. Makanya sebagian orang bilang sih kita suka cari sensasi tapi menurut aku sih itu bukan sensasi cuma karakter kita yang aktif kali ya jadi aja gitu, anak komunikasi gitu loooh…, harus pinter ngomong.
Oya di Humas juga banyak mata kuliah yang unik, kebanyakan harus ada pengaplikasian atau tugas praktek. Nih sebagian dokumentasinya.

Memasuki semester 5 kita kan udah mulai magang ya. Waktu itu aku ditempatin magang di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cicadas Bandung. Kalo dari Humasnya barengan sama Selvi (sebut saja dia Eho) dan Rani (biasa dipanggil Buto). Kalo dari prodi lain ada Kiki, Masrip, Caca, sama Rendi. Kita magang dari bulan Agustus sampai Oktober.

Bekerja sebelum Lulus Kuliah dan penempatan kerja
Kiki saat masih kuliah
Singkat cerita di semester akhir tiba saatnya untuk penyusunan Tugas Akhir. Otomatis kalo mau ikut wisuda 14 Mei ya harus cepet sidang. Banyak banget deadline yang harus aku kejar. Terlebih aku sudah bekerja, . Alhamdulillah, sebelum wisuda bahkan saat masuk semester 6 sudah bekerja sebagai agent inbound Call Center Merpati Airlines di PT. Infomedia Nusantara.

Karena pekerjaanku yang jadwalnya shifting, jadi aku harus bisa menyesuaikan segala aktifitas yang ada. Mulai dari kuliah, bimbingan, revisian, sampai bekerja. Sangat tidak mudah untuk membagi waktu. Namun hal itu aku jalani dengan sabar dan tawakal. Di samping cukup fleksibelnya bimbingan walaupun dikejar target dengan sidang. Setiap kali aku merasa putus asa dan patah semangat aku selalu ingat akan motto hidupku, “hargai proses”. Aku harus tetap semangat dan menjalani ini semua karena ini adalah sebagian dari proses menuju suatu pencapaian yang sudah ditargetkan. Lulus kuliah, wisuda, dan bekerja. Dan targetku aku ingin wisuda periode pertama tahun 2014 juga bekerja akhirnya bisa tercapai.

Sampai akhirnya tadaaaaa..... 14 Mei tinggal menghitung hari. Aku berhasil mencapai semuanya. Tidak sia-sia proses yang aku jalani. Belajar selama 3 tahun dan kini aku sudah selesai menempuh program pendidikan Diploma 3. Lulus sidang dengan predikat “sangat memuaskan” adalah nilai plus dari pencapaian targetku. Di samping, saat wisuda tidak perlu lagi memikirkan harus melamar kemana, karena sebelum wisuda telah bekerja.

bekerja sebelum lulus kuliah dan penempatan kerja
Kiki selesei uji kompetensi
Alhamdulillah semua aktifitasku di kampus, baik kegiatan di luar kuliah seperti aktif di himasi ataupun kegiatan kuliah sangat menunjang terhadap pekerjaan yang sekarang. Walaupun pada awalnya begitu berat, perjalanan tiap hari antara Cicalengka yang berada di ujung kabupaten Bandung dengan Jalan Pahlawan yang berada di tengah Kota Bandung, tetapi kesadaran membawaku pada pemahaman bahwa ini adalah awal menuju sukses. Inilah awal sebuah proses, hargailah proses, karena proses akan memberikan pelajaran berharga. Apapun kondisinya berusahalah untuk menghadapinya, karena itu adalah bagian dari proses yang akan menghasilkan sebuah pencapaian. Hingga akhirnya tanpa harus menunggu wisuda dan mendapatkan ijazah, aku sudah bekerja, ini adalah harga dari sebuah proses.

Tidak sia-sia aku kuliah di Politekni LP3I Bandung, janji LP3I untuk menempatkan kerja mahasiswanya terbukti. Jika pun harus memilih perusahaan sendiri, tidak menjadi masalah, karena mahasiswa sudah dibekali dengan berbagai keterampilan penunjang yang sesuai dengan dunia kerja, seperti pekerjaanku hari ini sebagai sebagai agent inbound call centre. Atau istilah di kampus dikenal dengan istilah link and match.

Terimakasih kepada Allah SWT dan orang tuaku, serta semua pihak yang selama 3 tahun ini sudah menjadi bagian dalam setiap prosesku.

Kiki Fitria Septiani (Qcut)
201104069
Hubungan Masyarakat

0 komentar:

Posting Komentar